Sabtu, 05 September 2015

Menulislah








Down Ribbon: Menulislah
By. Ari Joni Arianto, S.Ud



Seringkali kita beranggapan dalam menulis sesuatu bahwa hal tersebut tidak berarti, karya orang lain jauh lebih bermutu, tidak ada yang mau membaca karya kita atau berbagai penghalang yang berulangkali datang menyentuh ketika kita hendak menulis suatu karya yang mungkin muncul dari diri kita. Ada orang yang pintar dan memiliki ilmu yang mendalam namun tak mampu menuangkan potensi yang ia miliki dalam bentuk tulisan, mungkin barangkali disebabkan masalah yang telah disebutkan diatas. Menurut saya hal seperti ini mesti kita eliminasi dalam hidup kita karena ia akan menyianyiakan hidup yang dianugrahkan.
                Menulis adalah suatu hal yang menyenangkan jika kita mau mencoba dan terus mencoba. Boleh jadi untuk permulaan apa yang kita tulis belum begitu menarik, namun apa jadinya ketika menulis dan terus menulis sudah membudaya dilima jari kita, ia ibaratkan peseni batu akik yang sabar menuggu keindahan hasil yang ia dapatkan dari usaha asah batu akik tersebut.
                Jangan terlalu cepat kita mengharapkan sanjungan orang dari karya yang kita miliki. Berkacalah kepada seorang filosof Islam yang tak asing lagi namanya didunia barat yaitu kebanggaan Islam Ibnu Rusyd yang memiliki karya penomenal denga judul “ Bidayatul Mujtahid Wanihayatul Muqtashid “. Sekilas sejarah mengungkapkan bahwa tujuan utama beliau dalam menulis kitab tersebut adalah sebagai tadzkiroh ( pengingat ) hal yang telah ia pelajari sebelumnya. Namun hebatnya begitu tulisan tersebut selesai ia mendapatkan kedudukan yang Istimewa dikalangan ahli fikih dan para filosof. Bahkan didunia barat buku ini menjadi rujukan diuniversitas-universitas mereka.
                Sungguh sangat luar biasa,  suatu yang dianggap biasa menempati sesuatu yang luar biasa. So, mulailah menulis sesuatu dan jangan niatkan ia untuk berpongah diri. Jika sesuatu diniatkan dengan baik hasilnya menjadi sangat baik dan paling indah.
هو الذي خلق الموت والحياة ليبلوكم أيكم أحسن عملا
                                                                                    Pekanbaru, Minggu, 01 Maret 2015
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar